Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Membuat sendiri souvenir mug dan cangkir enamel

Membuat sendiri souvenir mug dan cangkir enamel

Diposting pada 14 November 2016 oleh admin

Membuat sendiri souvenir mug dan cangkir enamel.

Mug atau cangkir enamel adalah cangkir terbuat dari seng pada jaman dulu ( jadul ). Tetapi entah siapa yang memulai dulu, sehingga mug / cangkir enamel ini menjadi ngetrend kembali.

Setelah saya cari infonya ternyata dinegara lain juga lagi ngetrend? Wah kok bisa ya? Hanya saya yang ketinggalan informasi, sehingga terlambat untuk berbagi.

Kalau jaman dulu memang hampir semua peralatan dapur memakai dekorasi enamel, dari cangkir, piring, rantang, mug, dan banyak lagi lainnya semua pakai dekorasi enamel.

mug dan cangkir enamel

hasil cetak dengan kertas decal diatas mug dan cangkir enamel

Membuat sendiri souvenir mug dan cangkir enamel

Dekorasi enamel memakai bahan pewarna untuk suhu tinggi, mungkin sekitar 600 derajat ? saya belum sempat mempelajarinya, yang jelas catnya tahan gores benda tajam.

Bahan dekorasi enamel ini sangat cocok bila memakai hiasan dari kertas decal, karena daya rekatnya melebihan bahan gelas dan keramik. Bila memakai kertas decal yang hanya dilapisi pilox, paling mudah dan cepat lepas, bila ditempel di gelas, yang lebih kuat dan lebih tahan bila ditempel di bahan keramik, Nah bila ditempel di bahan enamel, setelah saya test hasilnya sangat kuat, meskipun masih bisa dikerok pakai kuku dengan keras. Dari ketiga bahan tersebut enamel paling tahan bila dicelup kedalam air. Anda tertarik ?

kertas decal untuk mug enamel

kertas decal untuk mug enamel

Bahan yang diperlukan:

  1. Gunting : untuk menggunting tepian gambar
  2. Kertas decal yang sudah di cetak, dan sudah dilapisi coating ( pilox, clear cover coat dll )
  3. Mug / Cangkir enamel
  4. Bak plastik untuk wadah air
  5. Rakel untuk menggosok decal
  6. Lap kain katun untuk membasuh setelah decal sudah merekat dengan baik
  7. Coating bisa pakai pilox clear

Yang penting agar menghasilkan gambar yag bagus, harus menggunakan kertas decal yang sesuai dengan tinta yang dipakai.

*Kertas decal untuk tinta dye ( biasa ) , menggunakan tinta biasa, tinta yang harganya paling murah sekitar 25.000/botol

*Kertas Decal Laser , digunakan cetak printer laser saja.

*Kertas Decal Sublime , baik digunakan untuk tinta pigment, durabrite, tinta sublime, tinta  art paper bisa juga digunakan untuk printer laser. Supaya tahu aja, yang jual kertas decal ini hanya multisaranaceta.com saja, tidak ada ditempat lain. Kalau beli ditempat lain pasti gambarnya blur, rusak dan pecah.

Setelah kertas decal dicetak dengan tinta yang sesuai, tunggu sampai tintanya kering, lapisi permukaannya dengan pilox clear sampai 3 lapis. Diamkan di udara suhu ruangan selama 2 jam baru bisa digunting, dan dicelupkan kedalam air 2-3 detik sampai semua bagian terendam air,

decal untuk mug cangkir enamel

langsung angkat tiriskan diatas kawat anyaman, agar gambar tidak keburu mengambang atau lepas dari kertas decalnya. kalau sudah lepas, kembalikan untuk ditempel kembali ke kertas decalnya, kemudian tiriskan.

mug-enamel-4-k

ambil satu persatu untuk ditempel ke mug enamel dengan cara di geser ( slide ) , tempel, gosok dengan karet rakel, bersihkan sisa airnya dengan kain katun. Setelah selesai semua,bisa langsung dimasukkan oven.

Berapa suhu yang diperlukan untuk gelas enamel ini? Suhu yang diperlukan lebih sedikit dan waktunya lebih cepat dibanding bila kita memasang decal di gelas atau keramik. Karena panas yang dibutuhkan untuk pemanasan awal keramik lebih banyak. Sehingga bila kita memanasi enamel dengan suhu yang sama dengan suhu waktu kita memanasi keramik, ( kalau saya memakai suhu 120, waktu 25 menit memakai oven listrik ) hasilnya gosong seperti contoh dibawah ini

cangkir enamel yang sudah ditempel dengan kertas decal

cangkir enamel yang sudah ditempel dengan kertas decal

Setelah saya kurangi suhunya menjadi 100 , waktunya 10 menit baru hasilnya bagus. Mengapa harus dioven? dengan dioven lapisan pilox akan mengeras membuat lebih kuat, keras.

Sekian dulu, selamat ber kreasi dan sukses.

Berkreasi terus jangan putus asa, jangan ikut campur urusan politik, karena akan membuat energi dan pikiran kita terkuras, terbuang, sehingga pekerjaan, sukses kita akan terhambat.

Bagikan informasi tentang Membuat sendiri souvenir mug dan cangkir enamel kepada teman atau kerabat Anda.

Membuat sendiri souvenir mug dan cangkir enamel | multisaranacetak

Komentar dinonaktifkan: Membuat sendiri souvenir mug dan cangkir enamel

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan