Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Coating kertas decal menggunakan Clear Cover Coat ( optimasi kertas decal )

Coating kertas decal menggunakan Clear Cover Coat ( optimasi kertas decal )

Diposting pada 23 Juli 2016 oleh admin

Coating kertas decal menggunakan Clear Cover Coat untuk mencetak gambar di Mug.

Cara yang saya sampaikan kali ini, bisa dan layak dipakai untuk menyamaikan cetak mug dengan cara press panas.

Dengan kelebihannya yaitu bisa diaplikasikan disemua permukaan yang tahan panas, dan tidak memerlukan alat press panas. Tetapi masih memerlukan panas dari oven roti 250 derajat. Apa bedanya?

Film-solution1

Selama ini yang saya anjurkan yaitu melapisi hasil cetak diatas kertas decal memakai clear pilox,
clear suzuka, dsb.

Tetapi banyak keluhan memakai bahan ini, terutama pada masalah seberapa kering bisa baik dicelup dan ditempel di permukaan media. Karena, bila masih lunak susah dilepas, bila udah kekeringan mudah robek ketika di gosok dan diratakan diatas permukaan media.

Tidak bisa disimpan lebih lama, lebih dari 1 hari aja bila ditempel dan diratakan mudah robek.  

Apa bedanya Clear pilox dan Clear Cover Coat ?
Kelenturan : Clear Cover Coat jauh lebih lentur dari pada pilox.

Meskipun disimpan sekian bulan setelah diaplikasikan diatas kertas decal, Clear Cover Coat tetap lentur, tidak mengeras.

Dan mudah mengaturnya waktu ditempel.

Ketahanan Suhu: Clear Cover Coat tahan pada suhu 250 derajat, sedang pilox tidak tahan ( gosong, hangus). Pilox hanya bisa dibawah 120 derajat

Aplikasi: Clear Cover Coat memerlukan spray kompressor atau di sablon ( tidak praktis ). Clear Pilox langsung bisa digunakan tanpa alat. Tapi tunggu dulu…….?  keramik88.com telah menciptakan Cover Coat Sheet, jadi bisa langsung dipakai untuk menutup ( coat ) hasil printer hanya memakai alat strika baju atau alat panas laminating, jadi tanpa disablon atau tidak memerlukan kompressor lagi. Karena Clear Cover Coat bisa tahan pada suhu 250 derajat, dan hasilnya
sangat mengkilap sekali ( perhatikan foto diatas ) , ketahanan gores bagus, maka kelebihan ini yang saya manfaatkan.

Sifat Clear Cover coat ini bila pada suhu dibawah 150 derajat tidah mengkilap dan daya rekatnya kalah dengan pilox. Kalau pilox pada suhu 110 derajat sudah mengeras, Clear Cover coat belum mengeras dan daya rekatnya kalah dengan clear pilox.

Tapi daya tahan terhadap air lebih kuat pakai Clear Cover Coat ( bila di panasi pada suhu 200 -250 derajat )

Sifat Clear Cover Coat yang bisa mengkilap pada suhu 250 derajat ini yang diperlukan untuk membuat cetakan di mug tanpa memakai mug yang sudah dicoating dan tidak memerlukan press panas.

Yang diperlukan adalah: Oven roti listrik atau Oven gas LPG  yang bisa mencapai suhu 250 derajat.

Cara mengaplikasikan memakai sablon manual:

Setelah kertas decal dicetak dengan printer laser, atau printer inkjet tinta pigment, durabrite, sublime.

Tunggu sampai kering betul, mengapa? karena bila tinta kurang kering atau kertas decalnya dalam keadaan lembab atau ruangannya lembab, tintanya bisa luntur ketika dicelup air.

Setelah itu, siapkan screen 30T atau yang lebih kasar lagi, boleh. Pasang di meja sablon. Siapkan lem sticker. Oleskan sedikit diatas meja sablon, supaya kertas decal bisa melekat diatas meja, dan tidak ikut ketarik ke bawah screen, karena cairan Cover Coat sangat lengket.

A. Gambar ini menunjukkan bahwa kertas decal setelah disablon dengan cover coat ( film solution) nempel dibawah screen. Kalau sampai terjadi seperti ini, gambar hasil printer laser maupun inkjet akan meleleh dan blur ketika kertas decalnya ditarik / diambil dari screen.
B. Untuk menghindari hal tersebut di gambar A, pada gambar B terlihat lem sticker yang dioleskan sedikit diatas meja sablon, ( warna biru  kecil/sedikit ). supaya kertas decal agak lengket/ melekat sedikit dan tidak ikut keatas. Lem sticker waktu digunakan harus dalam keadaan kering ( bisa dikeringkan pakai hair dryer ). Meskipun
kering, sifat lem sticker akan selalu lengket ( melekat ).

Cara mengaplikasikan memakai spray
kompressor:

Nah cara ini kelihatannya mudah, tetapi parakteknya tidak semudah kedengarannya? Karena cover coat ini kental sekali, mesti/harus dienceri memakai pengencer, tentunya. Pengencer yang benar seharusnya Diluent .Perbandingannya Cover Coat 1, Diluent 3-5 bagian. Dan penyemprotannya bukaan yang paling besar dan dekat dengan permukaan kertas decal, kalau terlalu tinggi atau jauh, sulit untuk mendapatkan hasil yang merata.
Jadi setelah kertas decal di cetak dengan printer atau sablon manual, keringkan baru bisa di tutup dengan cover coat.

Hasil akhir tergantung seberapa halus permukaan Cover coat yang menutupi hasil printer. Karena permukaan Cover coat hanya meleleh/melebur sedikit, jadi bila permukaan tidak rata sebelum di oven, hasilnya juga tidak rata atau kurang mengkilap ( kurang maksimal ).
Kesimpulannya, tidak semuda anda membaca artikel ini, perlu pelatihan, sabar dan tekun. Dibandingkan dengan cetak mug yang memakai coating, cara ini lebih kuat dan tahan lama.

Test yang saya coba celupkan kedalam air, bila mug coating hanya tahan 2 hari, kalau pakai clear cover coat tahan lebih dari 5 hari.

 

Bagikan informasi tentang Coating kertas decal menggunakan Clear Cover Coat ( optimasi kertas decal ) kepada teman atau kerabat Anda.

Coating kertas decal menggunakan Clear Cover Coat ( optimasi kertas decal ) | multisaranacetak

Komentar dinonaktifkan: Coating kertas decal menggunakan Clear Cover Coat ( optimasi kertas decal )

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan